Menelusuri Biografi Imam Ahmad bin Hambal

Menelusuri Biografi Imam Ahmad bin Hambal - Imam Ahmad bin hambal adalah seorang Ulama Besar yang terkenal dengan Iman Mazhab. Tahukah anda siapa nama beliau sebenarnya? Mari kita menelusuri biografi Imam ahmad bin hambal agar lebih dekat dan memahami lini kehidupan beliau yang 'Alim dan shaleh ini.

Sebagaimana yang dikutip dari Dayah library, Nama lengkap Imam Ahmad ialah Ahmad bin Hambal bin Hilal bin Usd bin Idris bin Abdullah bin Usd bin Idris bin Abdullah bin Hayyan ibn Abdullah bin Anas bin ‘Auf bin Qasit bin Mazin bin Syaiban. Panggilan sehari-hari beliau adalah Abu Abdullah.

Ahmad bin Hambal lahir di Baghdad, Irak tahun 164 H/780 M. Ayahnya menjabat sebagai Walikota Sarkhas dan pendukung pemerintahan Abbasiyah. Sejak kecil, Al-Imam Al-Faqih Al-Muhaddis ini sudah kelihatan cerdas. Ia mulai belajar hadits pada usia 16 tahun.
Ahmad bin Hambal wafat pada tahun 241 H/855 M. Jasadnya dikuburkan di pemakaman Bab Harb. Harb yang nama sebenarnya Harb bin Abdullah adalah salah seorang sahabat Abu Ja’far Al-mansur.

Dalam biografi imam ahmad bin hambal ini, kita juga bisa melihat siapa saja guru beliau yang terkenal dan menjadi tempat bagi beliau untuk menimba ilmu agama. mari kita lihat.

Diantara guru-guru Imam Ahmad bin Hambal adalah:


Sufyan bin Uyaynah
Ibrahim bin Sa’ad
Yahya bin Sa’id Al-Qattan
Husyaim bin Basyir
Mu’tamar bin Sulaiman
Ismail bin Aliyah
Waqf bin Al-Jarrah
Abd Al-Rahman Al-Mahdi
Imam Al-Syafi’i.

Demikianlah info singkat tentang Biagrafi imam ahmad bin hambal, untuk lebih detai saya merekomendasikan anda untuk masuk ke blog ini Biografi Imam Ahmad bin Hambali

loading...

2 komentar:

  1. Hmm...ini biografinya boleh aku COPAS ?
    Penting nihh buat tugas AGAMA :) Ya please ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya siloakan aja mba,,,semga bermanfaat

      Hapus