Tips Aman Bermain Internet bagi Pemula

Tips Aman Bermain Internet bagi Pemula - Bermain internet adalah sebuah kebiasaan baru yang menyennangkan bagi siapa saja. Namun, sayang banyak anak-anak atau pemula yang baru terjun mencicipi internet terkadang tidak memperhatkan keamanan dalam bermain. Bermain internet sama juga hal dengan bermain ditempat alam nyata yang butuh perhatian terhadap keamanan, bahkan bermain internet lebih berbahaya ketimbang bermain secara langsung di alam nyata.

Internet adalah dunia nirkabel tanpa batas, apa yang bisa anda lakukan didunia nyata bisa nada lakukan di internet, adan apa yang bisa anda lakukan diinternet blm tentu bisa anda lakukan didunia nyata. Jadi, hati-hatilah dalam menggunakan internet dan perhatikan keamana dalam penggunaannya.

Di internet juga ada yang disebut penjahat alias hacker atau crakcer (penjahat cyber). Para pemula biasanya yang menjadi mangsa empuk para penjahat cyber. Sebab kepolosannya sangat mudah untuk dikadali. Untuk itu, peran orang dewasa khususnya orangtua sangat penting untuk mendidik anak-anak mereka dalam tata krama online.

"Ajari mereka tentang zamannya, karena mereka hidup dizamnnya bukan dizaman org lain"

Contohnya adalah beri batas-batasan bagi anak dalam mengakses internet, jangan berkenalan dengan sembarang orang yang tidak diketahinya, dan hal-hal lain yang bisa menjurus kepada bahaya.

Berikut tips dari Effendy Ibrahim seperti "my diary" kutip dari detikinet.com, Norton Internet Safety Advocate and Director Asia bagi para orang tua untuk memastikan anak-anak atau mereka yang baru saja berkenalan dengan internet tetap terlindungi saat online:

Tips Aman Bermain Internet bagi Pemula

  1. Jangan memberikan informasi pribadi Anda. Jangan menampilkan rincian data pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon atau alamat online orang tua, sehingga para penjahat dunia maya (penjahat cyber) dapat menggunakan informasi tersebut untuk membuat profil palsu dari rincian tersebut.
  2. Batasi menampilkan poto atau agenda. Gunakan privacy settings untuk memastikan hanya teman dan keluarga Anda yang dapat melihat foto yang ditampilkan. Hindari menampilkan rencana liburan anda supaya orang tidak dikenal (OTK) tidak melacak gerakan Anda.
  3. Periksa keamanan dan pengaturan pribadi Anda. Pastikan privacy settings pada jejaring sosial Anda terjamin, sehingga hanya teman-teman Anda yang dapat melihat informasi pribadi Anda, dan gunakan privacy settings Anda untuk membatasi siapa yang dapat melihat tampilan video dan foto dari Anda.
  4. Keamanan password. Berbagi password dengan orang tua Anda adalah ide yang masuk akal, akan tetapi hindari berbagi password dengan teman-teman Anda, bahkan jika mereka berjanji tidak memberitahu siapa pun, anda tetap tidak memberikan password. Paham!. Juga saat Anda membuat password, pastikan bukan sesuatu yang mudah ditebak seperti nama hewan peliharaan Anda. Gunakan kombinasi huruf, angka, karakter besar dan kecil, kalau perlu gabungkan juga password anda dengan simbol. Untuk memudahkan anda mengingat password catat ditempat yang hanya anda tahu, seperti dalam handphone yang anda proteksi dengan password juga.
  5. Lindungi perangkat bergerak Anda. Pastikan ponsel Anda dilindungi oleh password sehingga semua informasi pribadi Anda yang tersimpan di dalamnya aman. Download aplikasi keamanan yang memungkinkan Anda untuk menghapus semua data pribadi dari jauh, atau saat ponsel Anda hilang atau dicuri.
  6. Jangan berbicara kepada orang asing baik secara online maupun offline. Jangan bertemu dengan orang asing dan beritahu orang tua Anda jika ada orang asing telah berusaha untuk mendapatkan kontak dengan Anda secara online.
  7. Dengarkan orang dewasa yang mengetahui. Bantu mengatur pikiran mereka saat istirahat dan hindari berbicara online dengan orang asing atau menggunakan internet begitu lama, sehingga Anda mengabaikan aktivitas dunia nyata Anda dan teman-teman di dunia nyata.
  8. Berhati-hatilah terhadap situs yang tidak terjamin atau tidak diketahui. Ketika belanja online, gunakan penjual yang sudah dikenal. atau hanya membeli disitus-situs yang sudah terkenal dengan kejujurannya.
  9. Berhati-hatilah dengan link yang Anda klik. Hindari membuka link di pesan, email, atau pesan instant pada jejaring sosial Anda kecuali Anda yakin pesan tersebut berasal dari orang yang dikenal.
    Para penjahat dunia maya (penjahat cyber) telah dikenal melakukan hack ke akun email teman dan jejaring sosial untuk mengirim email atau pesan pasca mengakui mereka berada dalam kesulitan dan meminta Anda untuk mentransfer uang kepada mereka.
  10. Pastikan software keamanan Anda up to date. Keamanan software sekarang tersedia untuk semua jenis perangkat: ponsel, tablet, dan PC. Usahan untuk selalu anda update system pertahanannya.

loading...

0 blogger-facebook: