4 Langkah Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak

4 Langkah Mengembangkan Kreativitas Anak - Memiliki anak adalah kebanggaan apalagi mereka tumbuh sehat dan ceria. Namun demikian sebagai orang tua tentu punya tugas lain yang berat yaitu mendidik anak-anak menjadi anak yang pandai kelaknya. Kalau anda sudah pernah memiliki buah hati tentu tahu bagaimana susahnya mendidih putra putri anda. Salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh orang tua adalah mengasah dan mengembangkan kreativitas anak. Anak yang tumbuh kreativitasnya sejak dini akan lebih pandai dikemudian harinya.

mengembangkan kreativitas anak
lustrasi mengembangkan kreativitas anak

Salah satu cara mengembangkan kreativitas anak dengan permainan, seperti permainan rumah, atur balok dll. Tetapi ada hal tertentu yang harus dilakukan agar dalam perkembangannya anak terus mengasah dan mengembangkan kreativitasnya. Menurut seorang pisikolog sekaligus seorang dosen di universitas Mercubuana Tika Bisono MPsiT.,Psi., mengatakan setidaknya 4 langkah yang perlu diperhatikan dalam mengasah dan mengembangkan kreativitas anak.

Langkah pertama yaitu capturing. ini adalah menagkap setiap ide yang diberikan oleh anak. Kalau memang idenya tidak sesuai kita bisa membelokkannya sedikit-sedikit, tetapi jangan diproses.

Langkah kedua adalah surrounding. Ini bermaksud membiarkan anak untuk memperluaskan pergaulannya bersama teman-teman. Tujuannya agar anak-anak mendapatkan ide-ide dalam masa pertemanannya dengan kawan. Ini penting untuk menambah memory dan inspirasi anak dalam setiap hal. Anak-anak akan bisa berinteraksi dengan baik bersama teman dan lambat laun mereka akan bisa memunculkan ide kreatifnya.

Langkah selanjutnya yaitu challenging. Anda harus menantang anak anda dalam menyelesaikan suatu masalah, tetapi anda harus menuntunnya kearah penyelesaian agar mereka tidak mentok dan susah sendirinya. Contohnya menyelesaikan suatu permainan, anda sebagai orang tua disini harus merangsang anak untuk berpikir dan menuntunnya.

Langkah ke empat adalah: broadening. Ini adalah mempelajari hal-hal baru dan memperkenalkan hal-hal baru pada anak anda.

Setidaknya 4 langkah itulah yang harus dilakukan orang tua terhadap anaknya dalam hal mengembangkan kreativitas anaknya. Mari kita laksanakan.

loading...

0 blogger-facebook: