Aneka Permainan Yang Membuat Anak Kreatif

Aneka Permainan Yang Membuat Anak Kreatif - Kreativitas anak dibentuk sejak kecil melalui berbagai kegiatan anak seperti aneka permainan. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua permainan anak bisa menjadi stimulator bagi perkembangan kreativitas anak. Orang tua harus pintar dan pandai dalam memilih permainan apa saja yang baik untuk anak, permainan tidak hanya yang disukai oleh anak tetapi mampu membentuk kreativitas mereka.

Permainan Yang Membuat Anak Kreatif
Ilustrasi : Permainan anak kreatif
Melaui permainan-permainan anak bisa melatih ketrampilan motorik dan melatih koordinasi otot, diantara permainan yang membuat anak kreatif adalah permainan menyusun manik-manik, menyusun bentuk dari kardus, play dough dan lain-lain. Atau anak bisa juga dikasih gabus yang telah dipotong-potong dengan sedemikian rupa, kemudian diberikan pada anak agar mereka menyusun dan bermain dengannya.

Disamping itu, kreativitas anak juga bisa dilatih dengan membuat sesuatu yang ada hasilnya, atau bisa dimanfaatkan hasilnya. Katakan saja seperti kado, ajari anak membuat kado yang nantinya dikasih kepada orang tua, adik, atau neneknya, kemudian berikan penghargaan atas karya yang dibuat anak, ini bisa mendongkrak kemampuan kreativitas anak juga. Dengan cara ini tentu anak akan merasa bangga dengan karyanya, dan yang mendapatkan hadiah pun merasa begtu bermakna atas pemberian anak, karena tentu kado yang dibuat dengan tangan sendiri akan memberikan nilai personal yang tak tergantikan oleh apapun. Jadi ini luar biasa!

Dengan cara seperi ini kita juga telah mendidik anak bahwa memberikan sesuatu buat orang lain tidak harus dengan membelinya ditoko, tetapi bisa dibuat sendiri dengan tangan.

Sebagai inti dari artikel ini bahwa kreativitas anak tidak terbentuk secara otomatis atau dengan sendirinya, melainkan ini hasil dari pembelajaran dan pengasahan serta pengembangan kreativitas semasa kecil. Kreativitas yang terbentuk ini bisa sangat bermanfaat bagi anak ketika besar kelak, karena mereka akan kreatif dan bisa berkarya dengan sendirinya, terutama dalam hal mencari rezeki di hari mendatang.

Baca juga: 4 langkah mengembangkan kreativitas anak

loading...

0 blogger-facebook: