Gotong Royong Adalah Budaya Kita

Gotong Royong Adalah Budaya Kita - Bergotong royong adalah satu kegiatan sosial yang sangat mulia tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama. Alhamdulilah gotong royong ini menjadi kebudayaan bangsa Indoneisa, rasanya belum lengkap kita hidup layaknya bangsa besar ini kalau hidup kita hanya beroreintasi dari sisi individu tanpa menganggap penting terhadap gotong royong.

Dalam wikipedia disebutkan bahwa Gotong royong merupakan suatu istilah asli Indonesia yang berarti bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Katanya berasal dari gotong = bekerja, royong = bersama Bersama-sama dengan musyawarah, pantun, Pancasila, hukum adat, ketuhanan, dan kekeluargaan, gotong royong menjadi dasar Filsafat Indonesia seperti yang dikemukakan oleh M. Nasroen.

Bisa kita bayangkan andaikata hidup tanpa bergotong royong sungguh kita tidak pernah mengcap satu sisi keindahan hidup ini. Coba nada kelluar negeri, seperti mesir, Arab saudi, mungkin anda akan melihat keadaan yang sungguh kontra dengan Indonesia, tanpa memperdulikan satu sama lain seperti satu keluarga. Ini bukan berarti tidak adakepedualian dalam hidup, tetapi lebih kepada suasana hidup dengan bergotong royong nikmat.

Di Indonesia Gotong royong hampir dilakukan dalam setiap kegiatan, baik kegiatan dalam sisi kehidupan umum atau dalam ranah kekeluargaan. Contoh, anda bisa menjumpai gotong royong dirumah pesta, rumah tempat belangsung kawa, dll. Kerja sama ini bukan hanya dilakukan oleh sanak keluarga yang terkait saja, tetapi semuanya masyarakat dalam kampung tersebut ikut berbaur dalam kerja sama itu demi proses acara dan kegiatan bisa berlangsung dengan baik.

Beberapa contoh gotong royong :(*_*):

Gotong royong membuat lapangan recket

Memindahkan Gubuk derita kecil



Ini merupakan salah satu cermin yang membuat Indonesia bersatu dari sabang hingga merauke, walaupun berbeda agama, suku & warna kulit tapi kita tetap menjadi kesatuan yang kokoh. Inilah budaya bangsa yang membuat Indonesia di puja & puji oleh bangsa lain karena budayanya yang unik & penuh toleransi antar sesame manusia.

Bukan hanya manusia, tetapi hewan pun bergotong royong, lihat saja semut yang kecil, tetapi makanan mana yang bisa di angkat dan dibawa. [uh]

loading...

2 komentar:

  1. gotong royong itu menurut saya malah lebih tampak seperti pemaksaan secara halus. Tampak baik di luaran tapi fatal di dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda harus memaksa diri anda untuk hidup baik

      Hapus