Tips Belajar Menjelang Ujian

Tips Belajar Menjelang Ujian - Kesuksesan adalah dambaan semua orang, itulah sebabnya setiap pribadi di ajurkan untuk belajar dalam menggapai asa dan harapan masa depan. Setiap orang punya harapan yang ingin dicapai di masa depan, salah satu jalan untuk mencapainya adalah dengan belajar untuk menjadi orang sukses menggapai tujuan. Begitu juga halnya dengan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, mereka harus terus belajar untuk bisa lulus dengan IPK (indek prestasi kumulatif) yang memuaskan.

Tips Belajar Menjelang Ujian
Untuk mencapai semua ini kita harus belajar, dan belajar juga harus dengan metode dan cara yang benar sehingga tujuan bisa cepat tercapai. Maka dalam postingan kali ini kami akan mengulas tentang cara dan tips belajar menjelang ujian agar siswa-siswa bisa berusaha maksimal dalam merebut nilai memuaskan di waktu ujian. Berdasarkan info dari wikihow, ada beberapa tips belajar dalam menghadapi ujian, yaitu sebagai berikut:

1. Membuat jadwal
Agar waktu anda tidak sia-sia, maka buatlah jadwal setiap kegiatan anda, bukan hanya jenis kegiatannya melainkan durasi setiap kegiatan tersebut juga perlu ditulis, mulai dari bangun tidur, makan, istirahat, belajar, tidur malam.

2. Menulis kembali pelajaran
Mind mapping adalah tips jitu dalam belajar, anda dituntut untuk menulis kembali pelajaran yang telah lalu, karena dengan menulis, memori anda kembali disegarkan sehingga anda kembali teringat dengan pelajaran yang telah lalu. Bukan hanya itu, dengan menulis anda akan kembali berpikir tentang apa yang anda tulis, kenapa anda menulis itu, jadi memori anda akan kembali segar dengan beragam info lama yang anda renew. Dengan cara ini anda tidak akan kewalahan dalam menghadapi ujian nanti, karena setiap pelajaran telah anda renew kembali di otak anda.

3. Pilih jam belajar yang tepat
Jam belajar yang tepat penting agar apa yang anda pelajari bisa teringat dan tinggal dimemori anda. Anda lebih baik belajar 2 jam dalam sehari ketimbang mengambil satu waktu untuk menjejal semua materi pelajaran, ini malah akan membuat anda lupa tentang semua yang anda sedang pelajari.

4. Subjek studey
Dalam tips belajar menjelang ujian atau menghadapi ujian, anda harus memperhatikan subjek study. Jadi cara belajarnya juga tergantung pelajaran. Kalau pelajarannya hanya berupa teori kita cukup dengan membacanya dan memahami isinya. Sementara untuk pelajaran yang bersifat hitungan, disamping anda menghafal rumus anda juga harus mengerjakan contoh kasus, sehingga kalau ada soal yang keluar sedemikian maka anda bisa mengerjakannya dengan mudah.

5. Lingkungan yang tepat
Belajar juga perlu di dukung oleh keadaan lingkungan yang cocok. Karena, mungkin beda orang beda caranya, ada orang yang nyaman belajar sambil mendengar musik, ada yang nyaman belajar dalam keheningan tanpa suara bising sedikitpun, ada juga yang senang belajar sambil makan dan lain-lain.

Itulah beberapa tips belajar menjelang ujian, semoga saja ini menjadi acuan anda dalam mengoptimalkan proses belajar anda, sehingga anda bisa menjawab setiap pelajaran dengan mudah dan bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

loading...

0 blogger-facebook: