Alasan Daging Babi Haram | Kenapa Babi Haram

Alasan Daging Babi Haram - Bismillah. Dalam postingan ini kita akan melihat apa saja alasan dibalik pengharaman daging babi oleh Agama, karena tentu setiap yang telah diharamkan agama ada alasannya yang kuat. Banyak makruh saja memiliki alasan yang kuat untuk seharusnya tidak kita kerjakan, seperti menggunakan air yang dipanaskan matahari dalam bejana atau wadah terbuat dari besi yang hukumn makruh, alasannya bisa menyebabkan penyakit kusta atau sopak.
Alasan Daging Babi Haram | Kenapa Babi Haram
Apalagi kalau yang hukumnya haram, pasti hal ini memiliki alasan yang lebih kuat. Maka dalam postingan ini kita akan melihat bagaimana Alasan Daging Babi Haram, keadaan daging babi, dan apa saja yang terkandung didalamnya sehingga daging ini dilarang untuk dikonsumsi oleh agama Islam.

Di dalam Al-Qur’an Allah jelas menjelaskan tentang haram daging babi. Firman-Nya dalam surat Al-Maidah ayat 3 :

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ
“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah.”

Demikianlah Al qur'an berbicara tentang keharaman daging babi, namun al-Qur'an tidak menjelaskan secara detai apa saja yang ada didalam daging babi sehingga daging ini harus dijauhkan dari mengkonsumsinya. Baru kemudian melalui perkembangan teknologi manusia mengetahui lebih jauh tentang apa yang terkandung dalam daging babi. Tapi sebelum ini didapat dengan ilmu pengetahuan, al-Qur'an sudah berbicara ribuan tahun lalu.

Alasan Daging Babi Diharamkan

Ilmu pengetahuan telah membuktikan keharaman daging babi untuk dikonsumsi. Disini saya berikan data yang berasal dari berbagai sumber.
  1. Daging babi berbau pesing. Konsumen daging babi sering mengeluhkan bau pesing pada daging babi. Menurut sebuah penelitian, bau pesing tersebut disebabkan praeputium babi sering bocor, sehingga urine babi merembes ke dagingnya.
  2. Babi adalah Hewan yang sangat rakus. Babi memakan apa saja yang ada didepannya. Jika makanan itu telah habis dan dia kekenyangan, apa yang telah dimakannya itu dimuntahkan kembali, dan kemudian muntahan itu dimakannya lagi. Bahkan jika lapar, kotoran pun dimakan, termasuk kotorannya sendiri, kotoran manusia, dan kotoran hewan lain. Yang lebih menjijikkan, hewan ini juga senang kencing sembarangan, termasuk kencing pada makanan yang akan disantapnya.
  3. Babi Suka makan tanah. Babi adalah hewan yang suka makan tanah. Dia memakan tanah dalam jumlah besar dan dalam waktu yang lama jika tidak dicegah. Jadi tidak heran kalau kulit orang yang suka mengkonsumsi daging babi ada yang mengeluarkan bau tidak sedap.
  4. Daging Babi Mengandung Cacing Berbahaya. Daging babi mengandung cacing pita yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Cacing ini berkembang di usus 12 jari manusia. Dalam beberapa bulan, cacing pita itu akan menjadi dewasa dan berkembang biak. Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar 1.000 ekor dengan panjang antara 4-10 meter, dan terus hidup di tubuh manusia. Cacing pita ini mengeluarkan telurnya melalui kotoran yang dikeluarkan oleh manusia saat Buang Air Besa.
  5. Daging Babi adalah Penyebab utama kanker anus dan kolon. Persentase penderita penyakit mengerikan ini di negara-negara yang penduduknya memakan babi meningkat secara drastis, terutama di negara-negara Eropa, dan Amerika, serta di negara-negara Asia seperti Cina dan India. Sementara di negara-negara Islam persentasenya amat rendah, sekitar 1/1.000 jiwa.

Demikianlah beberapa Alasan mengapa daging Babi diharamkan dalam Islam, ingat setiap yang dilarang dalam Agama berlandaskan kepada alasan yang kuat. Sebenarnya ini hanya sebagian alasan, dan masih banyak alasan-alasan lainnya.

loading...

0 blogger-facebook: