Kisah Sukses Blogger Indonesia Asri Tadda

Kisah Sukses Blogger Indonesia - Blogger bisa dikatakan suatu profesi yang terbilang bbaru dan hal ini pun mungkin yang menyebabkan kebanyakan orang tidak berani terjun menjadi blogger. Sebenarnya menjadi blogger juga bisa kaya raya, sama hal nya seperti menjadi pebisnis diluar sana yang tidak menghandalakan komputer atau Internet. Hanya saja diperlukan kecerdasan bukan hanya kerja keras, menjadi blogger juga butuh kerja keras, bukan hanya duduk manis didepan internet kemudian Uang datang, tidak, sekali lagi saya katakan tidak mungkin.
Kisah Sukses Blogger Indonesia
Untuk sukses menjadi blogger juga butuh kerja keras yang kadang-kadang lebih keras dan berbahaya dari pada kerja off line. Blogger kebanyakan duduk didepan kompi, bukan kah ini berbahaya, bahkan ada studi menyatakan bahwa duduk saja tanpa banyak gerak bisa mati.

OK, disini saya tidak sedang berbicara tentang kesehatan :P, tapi tentang kisah sukses blogger Indonesia, artinya blogger indonesia yang mampu mandapatkan uang banyak melalui internet. Salah satunya adalah Asri tadda, seorang blogpreneur sukses asal Makasar.

Asri Tadda memulai aktivitas blogging terbilang baru, pada awalnya beliau menulis beberapa artikel di blog hanya untuk keperluan pribadi, curhat-curhat online lah istilahnya. Kegemarannya dalam menulis membuat pria yang kuliah di Fakultas Kedokteran UNHAS tersebut semakin gila dengan aktivitas ngeblog. Bahkan disela-sela kesibukan kuliah, ia sering bolos mangkal di warnet dekat kampus.[mungkin ini tdk perlu ditiru] Cerita ini saya ambil dari blog http://blogsangpemenang.blogspot.com

Waktu terus berlanjut sampai akhirnya beliau menemukan titik terang dari aktivitas ngeblog yang selama ini ia lakukan. Ia sedikit demi sedikit mulai mengenal Blog Monetizing. Blog monetizing adalah cara bagaimana kita mendapatkan uang melalui aktivitas ngeblog yang dilakukan.

Beliau mengawali langkahnya melalui salah satu blog adversiting yang dikembangkan oleh Google yang bernama Google Adsense. Dari sana ia pernah suatu waktu mendapatkan $400 USD yang ia gunakan untuk mentraktir teman-temannya di kampus. Perjalanannya terus berkembang sampai akhirnya ia punya penghasilan tetap rata-rata $1000 USD per bulannya.

Waktu terus berjalan sampai akhirnya ia mendapatkan banned atau dipecat dari Google karena alasan pengetahuan yang tidak memadai mengenai blogging dan juga bahasa inggris yang pas-pasan dan masih terkesan belepotan (dulu Google adsense belum support bahasa Indonesia sehingga kita harus membuat blog-blog bahasa inggris untuk bisa mengikuti program ini, kini, mulai awal tahun 2012 Google Adsense sudah support bahasa Indonesia).

Beliau tidak menyerah, sampai akhrinya ia mengikuti program make money blog yang lain yaitu program paid review. Dengan koleksi jumlah 50 blog dari salah satu penyedia hosting gratis blogspot, dimana kesemuanya blognya berbahasa Inggris. Dari sana ia terus berjuang mencari recehan dollar.

Waktu terus berjalan sampai akhirnya ia mendapatkan pendapatan dari penjualan link tersebut berupa jumlah minimal Paypal yang dapat di ambil yaitu $100. Kemudian Asri membeli jasa hosting seharga US$ 95 serta domain US$ 10. Maka, Asri resmi berpindah dari blog gratis ke blog profesional.

"Tantangan terbesar saya saat itu, saya tidak tahu marketing dan bahasa Inggris pas-pasan," ujarnya.

Setelah berpindah ke self-hosting, Asri nekat mendirikan beberapa bisnis, diantaranya jual beli artikel online yang bernama Article Trade.
"Hasilnya lumayan. Sehari bisa laku 50 artikel. Padahal artikel sepanjang 200 kata saja sudah bisa dibanderol harga US$ 5. Untuk fee penulis US$ 2, masuk saku saya US$ 3,"
kenang Asri.

Selain bisnis Article Trade, Asri juga mendirikan bisnis internet marketing lainnya yaitu jasa SEO (Search Engine Optimatization), jaringan blog advertising, layanan iklan baris, dan lain-lain. Dari semua bisnis online yang ia tekuni tersebut, Asri bisa meraup omzet sekitar Rp 300 juta padahal, dia hanya dibantu sekitar 13 karyawan.

Sepak terjangnya terus berkembang, pada tahun 2008 ia berhasil mendapatkan juara kedua ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tingkat nasional. "Pada awalnya saya tidak menyangka bakal menjadi juara, karena menurut saya bisnis yang saya tekuni itu tidak real semuanya online, tidak kelihatan secara kasat mata. Namun alhamdulilah saya bisa mendapatkan juara kedua." ujar Asri.

Keberhasilan di ajang wirausaha mandiri tersebut menjadi energi yang cukup besar. Sepulangnya dari sana, Asri dengan beberapa teman mendirikan sebuah perusahaan yang bernama AstaMediaGroup. Perusahaan ini bergerak di bidang internet marketing termasuk mendirikan sebuah Sekolah Blog pertama di Asia.

loading...

4 komentar:

  1. sangat inspiratif....wah banyak juga blognya sampai 50..bgmana cara mengelolanya?

    BalasHapus
  2. wah luar bias......sy jadi bersemangat mebara-bara

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya ,sangat bermanfaat sekali dan semoga menjadi amal baik bagi anda dan orang lain

    Sukses selalu

    BalasHapus