Manfaat Sujud Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Sujud Bagi Kesehatan - Sujud adalah salah satu perilaku dan posisi manusia dalam shalat. Perlu diketahui bahwa setiap gerakan dalam shalat itu punyak sekali faedah dan manfaat serta hikmah didalamnya. Tida ada sesuatu yang diperintahkan Allah melainkan ada kebaikan dalamnya untuk manusia itu sendiri. Allah yang telah menciptakan kita, dan Allah juga yang tahu persis bagaimana memelihara dan menjaga manusia. Jadi Shalat yang Allah perintah kepada manusia mengandung manfaat yang luar biasa sekali bagi kesehatan manusia.

Manfaat Sujud Bagi Kesehatan
Salah satu gerakan shalat adalah sujud. Jadi, kita akan melihat apa manfaat sujud bagi kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fidelma O’Leary, Phd Neuroscience dari St Edward’s University, mengatakan bawah dalam otak ada sejumlah syaraf yang tidak bisa dimasuki darah kecuali kalau manusia dalam keadaan sujud. Dan syaraf ini tidak selalu membutuhkan darah kecuali pada saat tertentu saja yaitu pada waktu-waktu yang telah ditetapkan shalat pada waktu itu. Yaitu pada waktu subuh, dhuhur, Asar, magrib, dan isya, makanya kalau shalat itu harus tepat waktunya. Subhanallah ternyata shalat yang kita lakukan berhubungan erat dengan proses kesehatan dalam tubuh.

Fakta lainnya dari manfaat sujud untuk kesehatan adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Prof. Hembing, Jantung manusia yang terletak dibawah dan otak di atas, sehingga darah yang masuk ke otak hanya 20 persen saja. Inilah hikmah sujud dalam shalat secara lama agar aliran darah keotak bisa lebih optimal, dengan ada sujud maka aliran darah dari jantung ke otak akan lebih baik dan besar.

Manfaat sujud untuk kesehatan

  • - Menolak pening
  • - Membetulkan pundi peranakan yg jatuh
  • - Melegakan sistim pernapasan
  • - Menolak migrain
  • - Menyegarkan otak
  • - Memperbaiki kedudukan bayi sungsang
  • - Menajamkan akal pikiran
Luar biasa hikmah dari sujud. Dan hal yang mengejutkan lagi bahwa otak adalah pengatur semua kegiatan kita, karena tidak aktivitas yang dilakukan oleh anggota kalau belum mendapatkan sinyal dari otak. Jadi syarat otak sangat banyak sekali dan masing-masing mrmpunyai manfaat dan tugasnya sendiri. dan menakjubnya lagi bahwa bentuk dari syaraf otak ini setelah discanning ternyata seperti orang sujud. Subhanallah, AllahuAkbar

Hikmah manfaat lain dari sujud dalam shalat adalah bisa mengembalikan semua organ tubuh kita kepada bentuk semula, ini persis seperti komputer yang data kembali di atur ulang setelah di bersihkan dengan CCLEANER.

Himah lain sujud untu Kesehatan

  1. Memberi dorongan supaya mudah tidur.
  2. Menggerakkan otot bahu, dada,leher, perut serta punggung ketika akan sujud dan bangun daripada sujud. Pergerakan otot ini akan menjadikan ototnya lebih kuat dan elastik,secara semula jadi dan ia juga akan memastikan kelancaran perjalanan darah.
  3. Membetulkan kedudukan buah pinggang yang terkeluar sedikit daripada tempat asalnya.
  4. Membetulkan pundi peranakan yang jatuh.
  5. Melegakan sakit hernia.
  6. Dari segi psikologi pula, sujud membuatkan kita merasa rendah diri di hadapan Yang Maha pencipta sekali gus mengikis sifat sombong,riak takabur dan sebagainya.
  7. Sujud juga mampu mengurangkan kegemukan.
  8.  Pergerakan bahagian otot sewaktu sujud juga boleh memudahkan wanita bersalin.organ peranakan mudah kembali ke tempat asal serta terhindar daripada sakit gelombang perut.(Convulsions).
  9. Mengurangkan sakit senggugut ketika haid.
  10. Melegakan paru-paru daripada ketegangan.
  11.  Mengurangkan kesakitan bagi pesakit apendiks atau limpa. Kedudukan sujud adalah paling baik untuk berehat dan mengimbangkan lingkungan bahagian belakang tubuh.
  12. Meringankan bagian pelvis.
  13. Bagi wanita, pergerakan otot itu menjadikan buah dadanya lebih baik,mudah berfungsi untuk menyusukan bayi dan terhindar daripada sakit buah dada.
  14. Organ terpenting yaitu otak kita juga akan menerima banyak bekalan darah dan oksigen.
  15. Mengelakkan pendarahan otak jika tiba-tiba menerima pengepaman darah ke otak secara kuat dan mengejut serta terhindar penyakit salur darah dan sebagainya.
  16. Manakala dari sudut pengobatan pula, kesan sujud yang lama akan menambahkan kekuatan aliran darah ke otak yang bisa mencegah sakit kepala dan migrain, menyegarkan otak serta menajamkan akal fikiran sekaligus menguatkan mentalitas seseorang.
Subhanallah, ternyata luarbiasa sekali manfaat sujud yang dalam shalat untuk kesehatan. Ini baru sujud saja belum lagi manfaat dan hikmat dari gerakan lainnya dalam shalat, semoga ini menyadarkan kita betapa pentingnya syariat shalat bagi manusia. Tidak hanya menciptakan pribadi yang beriman dengan Allah dengan mengerjakan perintahNya dan meninggalkan Larangannya, tetapi juga mendidik manusia untuk hidup sehat dan bugar. Maka shalatlah dengan benar dan ikhlas.

loading...