Tips Menghindari Virus MERS-CoV bagi yang Traveller Ke Timur Tengah

Tips Menghindari Virus MERS-CoV - Berita mngejutkan dari ranah kesehatan dengan munculnya virus MERS-CoV baru-baru ini. Virus ini mempunyai gejala-gejala seperti yang dijelaskan disini. Virus MERS-CoV berasal dari tumur tengah, jadi bagi anda yang ingin traveler atau umrah ke Arab Saudi harus berhati-hati, karena virus ini berbahaya dan sampai sekarang belum mempunyai obatnya, dan virus ini bisa menyerangj siapa saja, dalam usia berapa saja.

MERS atau Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV) adalah virus berbahaya yang menyerang pernapasan, menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) AS. Negara-negara yang menjadi ancaman dan diserang virus MERS-COV adalah berasal dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Oman, Yordania dan Kuwait (detik.com).
Tips Menghindari Virus MERS-CoV
So, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan atau memang sedang dinegara tersebut, maka ada tips dan langkah yang harus dilakukan untuk menghindari serangan MERS-COv.

Tips Menghindari Virus MERS CoV

1. Cuci Tangan
Mencuci tangan adalah tips menghindari untuk semua jenis penyakit. Menurut situs CDC, untuk menghindari serangan virus ini cucilah tangan setiap anda kembali dari luar, dari toilet, sebelum dan sehabis makan. Ini dikarenakan sangat banyak sekali virus yang bersarang ditangan kalau tidak dicuci.

Mencuci tangan tidak boleh sembarangan, anda harus menggunakan sabun anti bakteri dan air bersih.

2. Jangan menyentuh alat indera
Ketika tangan anda kotor dan tidak bersih atau belum anda cuci, maka hindari menyentuh indera anda, terutama 3 macam indera yaitu: mata, hidung, mulut. Ketiga macam indera ini adalah jalan tercepat dan termudah bagi menular virus mers-cov. Kalau anda terpkasa harus menyentuh indera, sementara tangan anda kotor maka gunakan media yang bersih seperti tissue dll.

3. Hindari/jangan berdekatan dengan orang sakit
Kalau ada orang sakit didepan anda yang diserang virus MERS-CoV, maka hindari kontak dengannya atau kalau keadaan membuat anda harus kontak, maka jangan lama-lama dan cari alasan untuk menghindarinya. Berada lama-lama dalam satu ruangan dengan penderita virus ini juga bisa menyebabkan mudahnya terjangkit MERS CoV

4. Mencari Informasi
Mencari informasi adalah tips terpenting dalam menghindati terjangkitnya virus MERS-CoV. Cari info tentang pencegahan, penularan dan cara menghindari virus ini. Tiada cara yang lebih ampuh selain selalu mencari info yang up to date. Dengan mengetahui beragam informasi, tentu anda akan lebih berhati-hati terhadap segala kemungkinan terjadi nya virus CoV ini.

5. Menggunakan Masker
Cara lain menghindari virus MERS-CoV adalah dengan menggunakan masker. Agar pernafasan bisa terhalangi dari berbagai bakteri atau hasil udara luar.

Namun menggunakan masker tidak boleh lama-lama, karena justru masker anda menjadi tempat dan sarang virus MERS-CoV.

Kalau anda mendapatkan gejala-gejala virus mers-cov sebaiknya segera menghubungi dokter. Dengan menghubungi dokter maka akan lebih cepat untuk di ambil tindakan intensif. Semoga bermanfaat