Tips Sehat Minum Kopi bagi Anda yang Kecanduan Kopi

Tips Sehat Minum Kopi - Minum kopi sebenarnya tidak ada masalah bagi kesehatan, kalau minum kopi dilakukan denga kadar yang wajar dan normal. Tetapi sebenarnya maksud saya membuat postingan ini adalah anda untuk berhati-hati dengan kopi. Tenang saja bro..! karena saya tidak sedang mengajak anda untuk berhenti minum sihitam manis ini. Dalam menenggak kopi ada cara dan tips yang harus kalian pegang agar kesehatan bisa terjaga, karena kopi ada sisi baiknya dan ada juga sisi kelam/buruk untuk kesehatan. Jadi minum kopi itu ada caranya. Gak usah tegang ya.. mari kita lihat saja artikel selanjutnya.

Tips Sehat Minum Kopi

Agar anda bisa bersahabat baik dengan kopi dan kopi tidak membunuh anda, mari kita cermati dan pahami tips sehat minum kopi berikut ini.

Tips Sehat Minum Kopi

1. Perhatikan dosis kopi
Sebenarnya tentang masalah dosisi kopi yang dimun tidak ada kepastian berapa cangkir atau berapa banyaknya kopi yang masih digolongkan dalam batasan normal. Tetap menurut penelitian mengatakan bahwa minum 300 mg kafein sehari belum memberikan efek negatif bagi kesehatan, tetapi ini bagi tubuh yang sehat. Ukuran 300 mg lebih kurang 3 cangkir kopi dalam sehari.

2. Sinyal bahaya kopi
Jangan hanya menelan sikopi hitam manis, tetapi ketahuilah bahayanya sehingga anda mau berhenti ketika ada bahaya ini. Bahaya yang biasanya ditimbulkan oleh kopi adalah jantung berdebar, gelisah, terjadinya perubahan mood, Kalau ini anda rasakan segera berhenti minum kopi dulu, dan ketika anda berhenti anda akan merasakan masalah lain yaitu caffeine withdrawal. Keadaan ini akan kembali normal kalau anda berhenti selama 24-48 jam, atau sehingga anda mendapatkan kafein dosis baru, tetapi ingat semakin anda minum semakin hancur ksehatan anda.

3. Mendengar respon tubuh
Jangan hanya minum kopi tanpa tahu gejala baik dan buruk. Anda harus tahu bagaimana respon tubuh anda terhadap kopi. Ini perlu mengingat tubuh orang beda-beda dan responnya juga berbeda. Ada yang minum secangkir kopi dan efeknya tidak bisa tidur semalaman, dan ada juga yang minum kopi tetapi tetap tertidur. Jadi cara terbaik menjaga ukuran konsumsi kopi adalah dengan mengetahui respon tubuh.

4. Mengenal kandungan kafein.
Kandungan kafein yang meberikan efek buruk bagi kesehatan tidak hanya terdapat dalam kopi saja, tetapi juga dalam makanan lainnya, seperti softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala. Jadi perhatikan kandungan kafein dalam sebuah produk makanan sehingga kita tidak kelewatan dalam mengasuk kafein.

Inilah beberapa tips sehat minum kopi, jadi anda masih tetap bisa menum kopi namun harus memperhatikan dosisnya dan hati-hati dengan kopi terhadap gejala dan sinyal bahayanya. Selamat minum simani hitam.

loading...