Manfaat dan Kandungan Daun Sirih Merah

Manfaat dan Kandungan Daun Sirih Merah - Berbicara tentang kesehatan sangat banyak tumbuhan dan buahan yang disediakan alam yang dapat kita pergunakan sebagai obat untuk kesehatan. disini kita akan melihat manfaat daun sirih merah untuk kesehatan, setelah sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat buah semangka dan manfaat buah alpukat untuk kesehatan.

Manfaat dan Kandungan Daun Sirih Merah

Daun sirih merah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sebenarnya sangat mudah untuk dibudidayakan, kita hanya tinggal mengambil pucuknya kemudian kita tanam dalam polibek, dan tempat penanamannya harus pada tempat yang tidak terkena matahari secara langsung, karena untuk menjaga kelembaban batangnya sebelum tumbuh dan bertunas. Sirihi merah dalam bahasa latin disebut Crocatum Piper yang termasuk dalam jenis tumbuhan anggur karena tumbuh secara merambat.

Adapun kandungan salam sirih merah ini sangat banyak mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Diantara kandungan zat dalam daun sirih merah adalah allylprokatekol, alkaloid, kandungan cineole, kandungan ekstragol, eugenol, fenil propoda, ekstragol, Minyak astsiri, yang masing-masing perperan dalam hal kesehatan.

Manfaat dan Kandungan Daun Sirih Merah

    Manfaat dari berbagai zat kimia dalam daun sirih merah ini adalah:
  • Sirih merah bermanfaat untuk kesehatan badan seperti, dapat memberikan anti kanker alami, antioksidan, sebagai tumbuhan anti-inflantasi, anti septic dan antideabetik, mengapa sirih merah dapat memberikan manfaat yang luar biasa seperti itu, ini dikarenanakan tumbuhan sirih merah mengandung zat flavonoid polivenol.
  • Manfaat sirih merah untuk memberikan perlindungan bagi tubuh agar proses pertumbuhan yang terjadi pada sel kanker dalam tubuh dapat terhambat. Hal ini didasari bahwa sirih merah mengandung senyawa kimia yang bernama alkaloid.
  • Sirih merah juga bermanfaat sebagai obat alami antijamur serta dapat digunakan juga sebagai obat alami disinfektan. Kenapa begitu? karena daun sirih merah ternyata mengandung zat karvakol, zat inilah yang kemudian memberikan manfaat anti jamur dan desinfektan alami.
  • Disamping itu, sirih merah juga sangat bermanfaat sebagai salah satu obat alami analgesic atau yang lebih popular dikenal dimasyarakat sebagai obat alami penenang, hal ini diperkuat dengan adanya senyawa eugenol yang terkandung pada tumbuhan sirih merah.
  • Kandungan atau senyawa kimia Tannin dalam sirih merah berperan penting untuk kesehatan tubuh, terutamanya berguna sebagai obat alami penyembuh diare/ mencret, dan bermanfaat baik sebagai tumbuhan herbal antiseptic penyembuh luka sayat.
Manfaat lain dari daun sirih merah adalah sebagaimana yang telah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan pada mamalia kecil yaitu tikus putih, setelah tikus tersebut diminumkan air rebusan daun sirih merah maka mamalia tersebut sembuh dari penyakit diabetes.

Jadi, sebagaimana bisa menjadi penyembuh penakit diabetes pada tikus, demikian juga hal ini bisa menajadi penyembuh bagi diabetes pada manusia. Ambil beberapa lembar daun sirih kemudian rebus dan selanjutnya minum airnya secara teratur.

loading...

1 komentar:

  1. terimakasih atas infonya tetang daun sirih merahnya,ternyata kandungan dalam daun sirih merah itu sangat baik untuk obat diabetes.tanks infonya gan.

    BalasHapus